Pada motor bakar saat pengapian merupakan sangat penting didalam menentukan tenaga mesin, untuk itu saat pengapian harus diperiksa saat kita melakukan tune up mesin.
PENYETELAN SAAT PENGAPIAN
Pada saat penyetelan saat pengapian apabila distributor menggunakan vacuum advancer ganda maka kita harus melepas slang yang ke idle advancer terlebih dahulu Apabila saat pengapian tidak tepat, kita kendorkan baut pengikat rumah distributor dan putarlah rumah distributor (distributor bodi) dan tepatkan saat pengapian sesuai standard mesinnya.
IGNITION COIL
Ignition Coil ini berfungsi untuk meningkatkan tegangan baterai 12 volt menjadi tegangan tinggi lebih dari 10 KV,yang diperlukan untuk pengapian.
Ignition coil ada beberapa macam namun dalam prinsip kerjanya adalah sama, adalah sbb :
- Ignition Coil tanpa resistor
- Ignition Coil dengan resistor ada 2 macam :
- Internal resistor
- External Resistor
- Primary Coil adalah Kumparan primer mempunyai diameter kawat lebih besar dibanding kumparan sekunder dan berfungsi untuk membuat kemagnetan
- Secondary Coil adalah Kumparan sekunder ini diameter kawat lebih kecil dan jumlahnya lebih banyak dibandingkan Primary coil yang berfungsi untuk membuat induksi tegangan tinggi
- Menggunakan AVO meter posisi OHM,
- Periksalah harga tahanan primary coil dengan mengukur antara terminal positif dan negatif
- Harga tahanan 1.3 – 1.6 ohm
Pemeriksaan Secondary Coil
- Menggunakan AVO meter Posisikan selector pada posisi K ohm
- Ukur tahanan antara terminal Positif dengan terminal tegangan tinggi koil
- Harga tahanan 10.7– 14.5 K ohm
Pemeriksaan Resistor Coil
Post a Comment